1826 Locust Street, Bainbridge, GA 31717 +1 (212) 269-1000 support@example.com

Martin Dwyer

Application Developer

Rachel Wright

Art Director & Photographer

Andrew Butler

Photographer & Illustrator

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

SEJARAH FMIPA

Pendirian FMIPA USU mulai dirintis sejak tahun 1959 melalui berbagai pembahasan dalam sidang pimpinan USU yang ketika itu disebut Rapat Presidium dan Asesor dengan nama Fakultas Matematika dan Ilmu Pasti A1am Universitas Sumatera Utara disingkat dengan FIPIA USU. Setelah itu disusunlah Panitia Pembentukan FIPIA USU, kemudian oleh Presidium Universitas Sumatera Utara yang dijabat oleh Prof. dr . A. Sofyan melapor dan mengirimkan susunan panitia tersebut kepada Kepala Biro Koordinasi Perguruan Tinggi Departemen P.P dan K di Jakarta dengan surat No. D/3420/6/Upen/K tanggal 29 Desember 1959.

 

Adapun susunan Panitia Pembentukan Fakultas Matematika dan Ilmu Pasti Alam (FIPIA) Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut :

Ketua Umum   : Prof. dr. A. Sofyan, Presidium USU

Ketua               : Prof. G.A. de Neve, Guru Besar Fak. Pertanian USU

Sekretaris         : A.T. Barus, MSc., Dosen Fakultas Teknik USU

Anggota :

1. Prof. S.K. Mukherjee, Guru Besar Fakultas Pertanian USU

2. Lie Chien Chian, Apoteker pada Apotik Deli di Medan

3. Prof. Ir. F. Althuisius, Guru Besar Fakultas Kedokteran USU

4. Prof. Drs. C.H.D. Steinmetz, Guru Besar Fakultas Kedokteran USU

5. Prof . J. C. Van Meer Mohr, Guru Besar Fakultas Kedokteran USU

6. Overste Nelang Sembiring, Asisten Peperda/Kepala Staf Pempen T&T.I.

7. Prof. G.O.F. Dengel, Guru Besar Fakultas Pertanian USU

8. Prof. J .E.W. Heubult, Guru Besar Fakultas Pertanian USU

9. Drs. C. C. Siregar, Lektor Muda di Fakultas Kedokteran USU

10. O.M.Lumbantobing, Inspektur Kepala Dinas Kehutanan Daswati-I Sumut

11. M. Sumardi, Inspektur Kepala Dinas Perikanan Darat Daswati-I Sumut

12. R. Amin Katamsi, Inspektur Kepala Dinas Perikanan Laut Daswati-I Sumatera Utara

13. Amiruddin Nasution, Inspektur Kepala Dinas Perikanan Laut Daswati-I Sumatera Utara

14. R. Suratman, Kepala Dinas Kehewanan Daswati-I Sumatera Utara

15. Drs. Harmani Subandi, Apt. , Apoteker pada Apotik Subur di Medan

16. Manis Manik, Ketua Gappersu di Medan.

17. Rajamin Lubis, Ketua P.P.N. , di Medan.

 

Pada tanggal 5 April 1960, Presidium dengan suratnya nomor : D/526/Upen/K, meminta kepada Menteri P.P. dan K agar Panitia tersebut ditetapkan mulai tanggal 11 Januari 1960. Menteri P.P. dan K yang pada saat itu dijabat oleh Prof. Dr. Prijono menanggapi usul tersebut melalui suratnya nornor : 71428/S, tanggal 25 Agustus 1960 dengan meminta daftar susunan pimpinan Fakultas llmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) sekaligus dengan susunan dosen-dosennya. Panitia di atas mulai menyusun program sambil mencari staf dosen dan ketika terjadi pergolakan di USU yang mengakibatkan pindahnya Prof. G. A. de Neve ke Bandung, kegiatan mempersiapkan berdirinya FlPlA menjadi terhenti buat sementara waktu. Pada tahun 1962 datanglah dosen Ilmu Pasti dan Fisika ke USU, yaitu Drs. P. Siagian, Drs. P. B. Simanjuntak, lr. Kardi Yusuf yang semuanya bertugas di Fakultas Teknik USU. Ide pembentukan FIPlA dimunculkan kembali dalam sidang-sidang Fakultas Teknik USU yang mengakibatkan jatuhnya Prof. A. Sofyan sebagai Presiden dan digantikan oleh Presidium pada tahun 1963, maka rencana pembukaan FlPlA ditangguhkan meIaIui Surat Presidium No. D/97/0/Upen/K, tanggal 8 Januari 1964.

Pada awal tahun 1965 telah terlihat kestabilan USU, dimana pada saat itu Rektor dijabat oleh Drg. Nazir Alwi dan persiapan pembukaan FlPIA dirasa matang. Untuk pertama sekali direncanakan membuka tiga jurusan sekaligus, yaitu Jurusan Matematika, Fisika dan Kimia. Dosen-dosen untuk Jurusan Matematika dan Fisika memang telah memadai, tetapi sarjana Kimia saat itu sangat sulit. Satu-satunya orang yang dianggap mampu dan bertugas pada Perusahaan Swasta sebagai Apoteker adalah Drs. R. A.Soekemi, Apoteker. Maka secara langsung A.T. Barus, M.Sc. mengadakan pendekatan dengan Drs. R.A. Soekemi, Apt. dan beliau menyatakan kesediaannya untuk menjadi dosen dan memimpin Jurusan Kimia. Rencana ini diteruskan oleh Rektor USU ke Departemen P & K, dan mendapat persetujuan dari Menteri yang ketika itu dijabat oleh Prof. Dr. Syarief Thayeb. Maka oleh Menteri P & K ditetapkanlah pendirian FIPIA USU melalui suratnya No. 9863/Sekret/BUP/1965, 30 Nopember 1965. Tetapi sebelum Surat Keputusan diterbitkan, Menteri berkenan langsung melantik pimpinan FIPIA USU terlebih dahulu pada tanggal 25 Agustus 1965 dengan susunan sebagai berikut:

 

Dekan                          : A.T. Barus, M.Sc.

Pembantu Dekan I      : Drs. Pemimpin Siagian

Pembantu Dekan II     : Drs. Dj. Pinem

Pembantu Dekan III   : Drs. Raden Ahmad Soekemi, Apt.

 

Dengan berdirinya FIPIA USU, maka untuk tahun ajaran 1965/1966 dimulailah penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jurusan, yaitu Jurusan Matematika (Ketua Jurusan Drs. P. Siagian), Jurusan Fisika (Ketua Jurusan A.T. Barus, M.Sc), dan Jurusan Kimia (Ketua Jurusan Drs. R.A. Soekemi, Apt.). Seluruh kegiatan termasuk proses belajar-mengajar dilakukan dengan menumpang di Gedung Fakultas Teknik USU yang berada di Jl.Sun Yat Sen No.52.

Peringatan Dies Natalis FMIPA USU dilakukan bukan pada tanggal dikeluarkannya Surat Keputusan Pendiria FIPIA, tetapi disesuaikan dengan saat Pelantikan Pimpinan Pertama FIPIA USU yaitu tanggal 25 Agustus. Nama Fakultas sudah mengalami pergantian sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1974 kepanjangan FIPIA Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam berubah menjadi Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam. Nama fakultas yang sejenis FIPIA tidak sama untuk tiap universitas di Indonesia.

Pada tahun 1982 nama FIPIA USU berubah menjadi FMIPA USU singkatan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, melalui Surat Keputusan Dikti tanggal 7 September 1982 dan nama FMIPA ini seragam untuk semua universitas dan Institut di Indonesia.

Super User