1826 Locust Street, Bainbridge, GA 31717 +1 (212) 269-1000 support@example.com

Martin Dwyer

Application Developer

Rachel Wright

Art Director & Photographer

Andrew Butler

Photographer & Illustrator

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

FMIPA USU PERINGATI HARDIKNAS 2022

hardiknas1

FMIPA USU - Medan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) dalam tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar”. Upacara dilaksanakan di halaman gedung biro pusat administrasi USU pada Jumat, 13 Mei 2022. Upacara ini dihadiri oleh Rektor dan jajarannya, dekan dan wakil dekan, kaprodi dan sekprodi dan Tendik di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

hardiknas2

Pimpinan USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa seluruh civitas akademika yang ada di USU harus memaksimalkan tugasnya sebagai seorang pendidik dengan memberikan pelayanan yang baik kepada peserta didik agar lulusannya bisa lebih bermanfaat bagi negara Republik Indonesia.
Rektor juga menyampaikan isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Indonesia Nadiem Makarim bahwa saat ini merupakan tahun ketiga kurikulum merdeka belajar menyambangi pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kurikulum tersebut berawal untuk berupaya membantu para guru dan murid di masa pandemi dan terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

hardiknas3

Lanjut, pada akhir pidato Mendikbudristek menyatakan bahwa langkah hari ini sudah semakin serentak. Laju kita sudah semakin cepat. Namun kita belum sampai ke garis akhir, Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.

Hadirin yang mengikuti Upacara HARDIKNAS kali ini, termasuk rektor USU menggenakan pakaian adat daerah di Indonesia. “Sesuai dengan isi surat edaran, disarankan untuk mengenakan busana adat, sehingga dapat mengingatkan keberagaman di Indonesia,” ucap rektor.

hardiknas4 hardiknas5

Para dosen FMIPA yang hadir memperingati HARDIKNAS berdiri berbaris mengenakan beragam pakaian adat. Pakaian adat yang dikenakan berasal dari berbagai suku yaitu Aceh Rayeuk, Aceh Gayo, Melayu, Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Palembang, Betawi, Sunda, Jawa Solo dan lain-lain. Keberagaman ini diharapkan akan memberikan potensi yang bisa dimanfaatkan oleh fakultas khususnya dan USU secara luas dalam ranah pendidikan nasional. Dengan demikian, dipercaya melalui pendidikan dapat menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kebhinnekaan dalam kehidupan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

hardiknas6 hardiknas7

Dekan FMIPA, Dr Nursahara Pasaribu, M.Sc mengatakan keberagaman suku bangsa di Indonesia bisa dilihat dari berbagai sudut, salah satunya dari pakaian daerah. Dengan memahami keberagaman suku bangsa akan lebih menghargai satu sama lainnya.

“Dengan semangat pelopor pendidikan Ki Hadjar Dewantara marilah kita menerapkan semboyan tut wuri handayani untuk saling bekerjasama bergerak memimpin pemulihan, sesuai dengan tema HARDIKNAS 2022 ini,” tambah Nursahara.
TIM HUMAS FMIPA

Super User