1826 Locust Street, Bainbridge, GA 31717 +1 (212) 269-1000 support@example.com

Martin Dwyer

Application Developer

Rachel Wright

Art Director & Photographer

Andrew Butler

Photographer & Illustrator

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

PENGUKUHAN GURU BESAR TETAP BIDANG ILMU KIMIA ANALITIK FMIPA

GB1

FMIPA USU - Medan

Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan pengukuhan Guru Besar terhadap 3 Guru Besar dari 3 fakultas di lingkungan USU secara bersamaan di Auditorium USU pada Kamis, 12 Mei 2022. Diantara Guru Besar tersebut Prof.Rikson Asman Fertiles Siburian, S.Si., M.Si., PhD dalam bidang Ilmu Kimia Analitik pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Acara pengukuhan dihadiri oleh Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si selaku Rektor USU dan jajarannya, H. Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatera Utara, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, para Guru Besar, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan USU, Dosen dan Tendik serta para udangan baik keluarga, teman sejawat, dan mahasiswa

gb2

“Pengukuhan Guru Besar yang kedua kalinya pada tahun ini  sangat membanggakan USU. Hal itu dikarenakan kontribusi serta dedikasi yang diberikan oleh Guru Besar tersebut memberikan dampak positif terutama pada terpenuhinya indikator penilaian pemeringkatan yang telah diraih USU dalam tingkat internasional” ucap rektor.

gb3a gb4

Prof.Rikson Asman Fertiles Siburian, S.Si., M.SI., PhD menyampaikan pidato pengukuhan berjudul “Kinerja Elektroda Katalis Platina/Grafena Berlapis Nano untuk Aplikasi Elektrokimia Sel Bahan Bakar Hidrogen". Dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa Gafena Berlapis Nano yang memiliki luas permukaan dan konduktivitas besar akan mampu meningkatkan kinerja elektoda katalis Pt/Grafena Berlapis Nano. Dengan demikian, aktivitas dan kinerja sel bahan bakar hidrogen dapat ditingkatkan, sehingga energi terbarukan tersedia dan berkelanjutan.
Menurutnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk peningkatan bahan bakar tersebut yaitu dengan i) Memanfaatkan potensi sumber daya alam Indonesia yang besar untuk menghasilkan Grafena Berlapis Nano yang besar, murah dan berkinerja tinggi misalnya dari kelapa; ii) Pengembangan riset yang berkelanjutan untuk meresubstitusi logam Platina dengan logam-logam transisi dan non transisi dari hasil kekayaan alam Indonesia untuk memproduksi elektroda katalis berkinerja tinggi, misalnya Al, Ni, Cu, dan Mg dalam skala besar; serta iii) Riset yang berkelanjutan masih terus dibutuhkan terutama dalam eksplorasi material unggul dan berkinerja tinggi untuk aplikasi elektrokimia sel bahan bakar hidrogen.
Pada kesempatan yang mulia ini, Prof Rikson mengucapkan terimakasih, hormat dan penghargaan kepada yang hadir dan yang sudah memberikan motivasi, dukungan dan doa dalam berkarier serta meningkatkan kompetensinya. Terutama kepada kedua orang tua yang telah berkontribusi besar dan memberikan nilai-nilai fundamental religi, sosial, budaya dan pendidikan dalam kehidupannya. Serta keluarga yang selalu mendukung dan menopang dalam doa dan perbuatan baik dalam menghadapi suka dan duka.
Kendati mencoba untuk menahan rasa haru, Prof. Rikson tampak tidak kuasa menahan linangan air mata ketika menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya kepada bapak almarhum Prof. Dr. Kerista Sebayang, MS (Dekan FMIPA USU 2016-2021) yang mendukung penuh sebagai seorang bapak dalam proses pengusulan Guru Besar ini dan bapak almarhum Prof. Dr. Harlem Marpaung. “Walaupun hari ini beliau-beliau tidak bersama dengan kita, saya berdoa semoga mereka tenang di alam sana, karena perjuangan mereka sudah berhasil mentransformasikan seorang mahasiswa dan bimbingannya menjadi penggantinya di masa depan”, tutur Rikson.
Dosen dan Tendik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Prof.Rikson Asman Fertiles Siburian, S.Si., M.Si., PhD.
TIM HUMAS FMIPA

Super User