1826 Locust Street, Bainbridge, GA 31717 +1 (212) 269-1000 support@example.com

Martin Dwyer

Application Developer

Rachel Wright

Art Director & Photographer

Andrew Butler

Photographer & Illustrator

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

PILMAPRES PENGHARGAAN UNTUK MAHASISWA/I ENEGIK

pilmapres1

FMIPA USU - Medan

PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) merupakan wadah bagi mahasiswa sebagai insan dewasa untuk mengembangkan potensi dalam diri secara maksimal meraih tujuan pendidikan perguruan tinggi yaitu mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Oleh sebab itu, FMIPA Universitas Sumatera Utara yang juga menganut tujuan pendidikan perguruan tinggi, maka dari itu turut menyelenggarakan PILMAPRES setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan berjenjang, mulai dari tingkat program studi, kemudian fakultas, selanjutnya universitas dan nantinya akan mengikuti pemilihan pada tingkat nasional. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada tingkat fakultas di FMIPA dilaksanakan secara luring pada Rabu, 27 April 2022 di Unit 1 Ruang Serbaguna yang dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr Cut Fatimah Zuhrah, M.Si, Wakil Dekan II Dr Susilawati M.Si, Ketua dan Sekretaris Prodi FMIPA, Dewan Juri, Dosen Pembimbing, dan para peserta PILMAPRES.
Kegiatan PILMAPRES ini diperkuat dengan berbagai dasar hukum, baik undang-undang maupun peraturan-peraturan, serta tujuan dilakukannya PILMAPRES yang tertuang dalam Pedoman PILMAPRES KEMENDIKBUD. Tujuan tersebut yaitu a. Menguatnya kesadaran pengelola kampus untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. b. Meningkatnya kesadaran kampus dalam memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. c. Meningkatnya jumlah gagasan kreatif dan produk inovatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal dari kampus.

pilmapres2

Pada kesempatan ini, Wakil Dekan I menyambut dengan baik dan berharap akan tercapai tujuan PILMAPRES yang sesungguhnya. Selain itu, Cut mengatakan “PILMAPRES ini juga nantinya akan dapat meningkatkan capaian IKU yaitu  mahasiswa mendapat pengalaman diluar kampus yang terdiri dari aktivitas pengalaman diluar kampus dan perolehan prestasi”.

pilmapres3

PILMAPRES di FMIPA menghadirkan dewan juri yang sudah berpengalaman dan mumpuni dalam menyeleksi mahasiswa yang memiliki kecerdasan komprehensif baik hardskill maupun softskill. Dewan juri ini diketuai oleh Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc sedangkan sebagai anggota yaitu Liana Dwi Sri Hastuti, M.Si, Ph.D dan Dr. Irwana Nainggolan, M.Sc. Ketua dewan juri menyampaikan peraturan penilaian sebelum para peserta PILMAPRES presentasi. Peserta PILMAPRES berjumlah 9 orang dari Prodi Sarjana(Fisika 2 orang, Kimia 2 orang, Matematika 1 orang dan Biologi 2 orang), dan dari Prodi D3 (Metrologi dan Instrumentasi 2 orang). Para peserta mempresentasi karya ilmiah berupa Gagasan kreatif untuk Prodi sarjana dan Produk inovatif untuk prodi diploma dalam Bahasa Inggris.

Setelah semua peserta presentasi dan melalui proses tanya jawab dengan dewan juri, maka diperoleh juara pada tingkat fakultas. Dewan juri memutuskan, pada Prodi Sarjana sebagai Juara 1. Yunita (Biologi), Juara 2 Silvia Ramadina (Fisika), Juara 3 Muhammad Fauzi ( Fisika). Selanjutnya juara pada Prodi Diploma yaitu Juara 1 Frans Septian Manalu dan Juara 2 Finem Jupentus Marbun yang merupakan mahasiswa Metrologi dan instrumentasi. Dengan demikian, Pemenang Juara 1 dari sarjana dan diploma ini akan berkompetisi lebih lanjut di tingkat universitas. Mereka akan berkompetisi dengan juara 1 dari fakultas lain di lingkungan USU. Dari itu, persiapkanlah diri untuk PILMAPRES tingkat universitas. Semangat terus meraih prestasi unggul dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Karena penghargaan kepada mahasiswa berprestasi hanya untuk mahasiswa yang energik baik hardskill maupun softskil.

Sukses selalu.

TIM HUMAS FMIPA

Super User