1826 Locust Street, Bainbridge, GA 31717 +1 (212) 269-1000 support@example.com

Martin Dwyer

Application Developer

Rachel Wright

Art Director & Photographer

Andrew Butler

Photographer & Illustrator

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

PENDAMPINGAN DAN PEMUTAKHIRAN DATA SISTER DOSEN FMIPA

gambar 2

FMIPA USU - Medan

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi. Sistem ini dapat mengelola seluruh data dosen dengan baik, karena jika data terkelola dengan baik maka potensi-potensi dosen juga akan dapat dikembangkan lebih baik lagi. SISTER ini memberikan hak akses control penuh kepada dosen Indonesia, termasuk dosen dikalangan FMIPA USU atas data mereka masing-masing. Dosen dapat mengubah dan memperbarui data mereka sesuai dengan data terbaru dengan mudah yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas data dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM yang tajam dan relevan.

gambar 3

Menindaklanjuti surat nomor 1817/UN5.1.R2/SDM/2022 mengenai Pendampingan Pengisian dan Pemuktahiran Data Dosen pada Aplikasi SISTER di Lingkungan Universitas Sumatera Utara, maka FMIPA melaksanakan kegiatan tersebut secara luring dan daring, di ruang Serbaguna dan zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2022, dibuka oleh Wakil Dekan 2, Dr Susilawati, M.Si yang didampingi oleh Dr Cut Fatimah Zuhra, M.Si (WD1) dan Dr Miswar Budi Mulia, M.Si (WD3). Peserta terdiri dari dosen PNS (96 orang) dan dosen tetap non PNS (26 orang). Sebagai narasumber kegiatan ini berasal dari Tim Biro SDM USU yaitu bapak Agoes Riyanto Tarigan dan Fakhrizal Mukhtar Rangkuti, A.Md.

gambar1

Susilawati mengatakan “Pendampingan Pengisian dan Pemuktahiran Data Dosen pada Aplikasi SISTER ini juga untuk memenuhi IKU dan serdos tahun 2022, jadi penting untuk diketahui dan diimplementasikan langsung oleh bapak ibu dosen”. Para peserta yang hadir secara luring diharuskan membawa laptop dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pada pendampingan ini, narasumber memberikan arahan dan panduan bagaimana mengisi data dosen pada fitur-fitur aplikasi SISTER. Menu dan fitur-fitur aplikasi di dalam SISTER yaitu Data pribadi (data-data yang terkait dengan profil, alamat dan kontak, kepegawaian, keluarga, dan lain-lain), Inpassing (merupakan salah satu fitur yang menyimpan data dan riwayat impassing Golongan / pangkat dosen yang dirangkum dalam halaman impassing yang mudah dan bersifat terstruktur untuk digunakan), Jabatan fungsional (scan, screenshot, atau foto dokumen SK Jabatan Fungsional atau dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB), Kepangkatan (scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB), Penempatan (scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB), serta Kualifikasi dan kompetensi (scan, screenshoot, surat keterangan atau foto dokumen, sertifikat penunjang lainnya dengan ukuran maksimal file 5 MB). Agus menerangkan “Setiap dosen dapat menggunakan SISTER untuk membangun portofolio dengan mengkompilasi seluruh aktivitas tridarma perguruan tinggi yang pernah dilakukan”. Selain itu, sistem integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Jadi semua aktivitas pengajaran ataupun pengembangan karir yang pernah dilakukan oleh dosen dan tercatat di data Dikti tidak perlu diisikan ulang di SISTER karena telah terintegrasi dengan Dikti. Data dalam portofolio dapat diklaim ketika dibutuhkan, pada proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya.

“Hanya satu pikiran positif kecil di pagi hari dapat mengubah seluruh harimu”  (Dalai Lama).

TIM HUMAS FMIPA

Super User