PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) “KECAKAPAN TEKNIS OPERASIONAL DAN ADMINISTRATIF"

1

FMIPA USU - Medan

Teknologi informasi (TI) merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam memperoleh data, mengolah, memproses, menyusun, menyimpan, mengubah dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas. Jadi, TI juga merupakan ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya. Selanjutnya, fungsi dari TI untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia. Tidak bisa dipungkiri lagi, perkembangan TI yang cepat akan berpengaruh besar terhadap semua bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan di lingkungan FMIPA USU. Saat ini, seiring dengan perkembangan dan kemajuannya, TI mampu memberikan solusi dan layanan baru untuk kegiatan pendidikan. Seiring dengan itu, TI juga merupakan salah satu kekuatan pendorong dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas tinggi di FMIPA USU.
Teknologi informasi (TI) memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman. TI ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media. Dengan adanya TI, para Tenaga Kependidikan (tendik) dapat memanfaatkan berbagai sarana pendukung tersebut untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting dalam akademik, riset, administratif maupun pelayanan kepada dosen dan mahasiswa FMIPA USU dengan waktu tanggap (response time) yang lebih cepat. “Adapun tujuan dari kegiatan ini diharapkan tercapainya kompetensi tenaga kependidikan yang mumpuni untuk menggunakan teknologi informasi yang lebih baik dan efisien dalam bekerja, sehingga dapat diterapkan dalam penyelenggaran administrasi dan meningkatkan kepuasaan pelayanan,” kata Wakil dekan II FMIPA USU, Dr. Susilawati, M.Si. Oleh sebab itu, dalam rangka mendukung era digitalisasi di FMIPA, maka kegiatan pelatihan TI kepada tendik sudah dilaksanakan pada tanggal 4-5 Agustus 2021. Pelatihan ini diikuti 18 orang tendik yang mewakili 17 program studi di lingkungan FMIPA. Pelatihan berlangsung di ruang serba guna lt 1 FMIPA, dimulai pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.
Narasumber pelatihan teknologi informasi ini merupakan narasumber internal FMIPA USU yang ahli dibidangnya, yaitu Tulus Joseph Marpaung, S.Si., M.Si (Dosen Matematika FMIPA USU) dan Meyman Sokhi Ziliwu,S.Kom., M.Kom (Staf Subbag SDM FMIPA USU). Materi kegiatan pelatihan ini mencakup tentang penanganan masalah perangkat pendukung TI, tentang penyimpanan dan backup data berbasis TI (Cloud/Google Drive), send and received data serta pendukung lainnya, tentang aplikasi berbasis TI pendukung proses administrasi (Ms. Office) dan konversi data, aplikasi berbasis TI pendukung proses administrasi (Ms.Office) dan konversi data, serta tentang pemeliharaan perangkat pendukung TI. Materi yang diberikan ini memberikan peningkatan kemampuan menggunakan TI para tendik, yang dalam pelaksanaan pekerjaannya lebih dituntut kecakapan teknis operasional atau teknis administratif. Jadi, Secara umum, kemampuan tendik tersebut merupakan hal penting dalam mencapai salah satu indikator kinerja utama universitas. Semangat....
TIM HUMAS FMIPA

ARTIKEL

Free Joomla! template by Age Themes