PEMBEKALAN KULIAH KE LUAR NEGERI UNTUK DOSEN MUDA

Pelatihan Dosen Muda Berita

FMIPA USU - Medan

Dosen dan tenaga kependidikan (tendik) merupakan sumber daya manusia yang merupakan salah satu indikator dalam penilaian kinerja perguruan tinggi. Kuantitas sumber daya manusia berbanding lurus dengan kompetensi yang dimilikinya, sehingga capaian kinerja dapat terselenggara dan sesuai dengan indikator capaian perguruan tinggi. Untuk hal tersebut, maka FMIPA USU sudah melakukan kegiatan pembekalan kuliah keluar negeri untuk dosen-dosen muda. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, mulai tanggal 2 Agustus sampai 30 Agustus 2021.
Pembukaan kegiatan pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dekan FMIPA USU, ibu Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc, Wakil Dekaan II, Ibu Dr. Susilawati, M.Si, Ketua Panitia, ibu Siti Utari Rahayu, M.Sc, Kasubag Keuangan dan SDM, bapak Syahrizul Siahaan, Amd, para Narasumber serta dosen-dosen muda dilingkungan FMIPA. Dalam sambutannya Dekan mengatakan “Sesuai dengan kontrak kinerja FMIPA 2021 kepada Rektor USU, ada dua indikator yang perlu dicapai, yaitu Persentase dosen berkualifikasi doktor dan Indeks kepuasan pelayanan, jadi dengan kegiatan pembekalan ini merupakan salah satu cara untuk mencapai target pada indikator tersebut”. Selanjutnya Wakil Dekan II menambahkan “Pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen muda ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik secara tulisan maupun berkomunikasi, sehingga dosen tersebut siap terjun kedunia perkuliahan di luar negeri”.
Pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen muda FMIPA USU dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan kemampuan bahasa inggris pada 14 dosen muda yang mengikuti program ini. “Kami memutuskan untuk melakukan pembekalan pelatihan IELTS karena beasiswa dan universitas saat ini banyak yang meminta skor untuk ujian tersebut dibanding dengan ujian TOEFL, oleh karenanya narasumber yang kami undangpun merupakan narasumber yang sudah memiliki pengalaman mengajar IELTS yang juga dulunya merupakan pengajar dari Pusat Bahasa USU atau Lembaga Bahasa Inggris lainnya,” kata Siti Utari Rahayu, M.Sc. selaku Ketua Panitia kegiatan ini. Narasumber yang diundang dalam kegiatan pembekalan ini yaitu Elnoviamy, MA (Alumni UCL London), Risky Ananda Lubis, MA (Alumni University of Birmingham, UK) dan Mahyuni Harahap (Alumni University of Birmingham, UK). Pembekalan ini mengharuskan semua peserta untuk mengikuti Pretest terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sebanyak 16 kali pertemuan (4 kali untuk Listening ILETS, 4 kali untuk Reading IELTS, 4 kali untuk Speaking IELTS, dan 4 kali Writing IELTS) dan diakhiri dengan Post-Test (yang diadakan dengan bekerja sama dengan narasumber yang bersertifikasi, Elnoviamy, MA).
Setelah 16 kali pertemuan, dosen-dosen muda yang mengikuti kegiatan tersebut merasakan manfaat pembekalan yang diadakan oleh FMIPA USU. Menurut Tulus Joseph Herianto, Dosen Matematika mengatakan bahwa program ini sangat baik dilakukan dalam mempersiapkan bahasa Inggris. Semoga dapat diadakan setiap bulan. Bukan untuk persiapan sekolah saja, tapi mungkin bisa sebagai persiapan FMIPA dengan mengedepankan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selanjutnya, Suci Aisyah Amaturrahim, Dosen Kimia juga memberikan apresiasinya karena merasa sangat beruntung dan berterima kasih kepada FMIPA yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Banyak ilmu baru yang dapatkan dan berharap FMIPA dapat menyelenggarakan pelatihan berikutnya, sehingga dapat meningkatkan softskill para dosen muda. Selain itu dia menyarankan untuk jadwal pelatihan sebaiknya dilaksanakan 3 kali seminggu, agar peserta memiliki waktu lebih banyak untuk mengulang pelajaran yang sebelumnya disampaikan. Sejalan dengan itu, M. Romi Syahputra, Dosen Matematika mengucapkan trima kasih kepada ibu Dekan khusus kepada ibu Wakil Dekan II dan Tim yang telah memfasilitasi para dosen muda untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris melalui pelatihan IELTS ini. Semoga program seperti ini terus berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya. Selanjutnya, Muthia Ferliani Balqis, Dosen Matematika juga mengucapkan terima kasih atas program pelatihan yang telah diberikan, karena proses belajar pelatihan IELTS sangat enjoy dalam menerima setiap materi yang diberikan. Pengajar-pengajar yang memberikan materi juga sangat interaktif dan membuat materi mudah untuk dimengerti. Terakhir, Indah Revita Saragi, Dosen Kimia sangat antusias bahwa pelatihan ini sangat membantu sekali untuk persiapan dalam menghadapi official test terkhususnya IELTS. Selain itu, panitianya telah mempersiapkan dengan baik dan keren sekali. Pengajarnya juga dapat mentransfer ilmu dengan baik dan menyenangkan ketika proses pelatihan.
TIM HUMAS FMIPA

ARTIKEL

Free Joomla! template by Age Themes