Dua Orang Mahasiswa FMIPA Lulus Seleksi Pelatihan Jurnalistik Lingkungan

foto1

FMIPA USU - Medan

Masalah lingkungan telah menjadi agenda bersama secara global yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat untuk dapat ditangani dengan baik, termasuk didalamnya keterlibatan civitas akademika. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran inovatif yang merespon dinamika tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik. Oleh sebab itu, keikutsertaan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) khususnya mahasiswa FMIPA dalam kegiatan pelatihan jurnalistik lingkungan mahasiswa Sumatera dan Aceh merupakan salah satu tindakan untuk berkontribusi nyata secara berkesinambungan dalam mencapai indikator program Kampus Hijau (Green Campus) USU melalui upaya Socio Engineering.

Socio Engineering merupakan upaya yang mengutamakan adanya perubahan attitude dan mindset seluruh elemen civitas akademika Perguruan Tinggi terhadap lingkungan. Kegiatan pelatihan jurnalistik lingkungan ini juga mendukung konsep tersebut dengan terciptanya sikap dan pola pikir mahasiswa yang pro terhadap lingkungan yang akhirnya akan berpengaruh besar terhadap terciptanya kepedulian dan budaya lingkungan di Sumatera Utara maupun di Indonesia, bahkan dimanapun nantinya setelah manjadi alumni USU melalui perannya memperkaya literasi masyarakat luas terhadap kesadaran lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.

foto2

Konservasi lingkungan menjadi hal yang sangat penting dilakukan diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia sehingga membutuh keterlibatan banyak pihak untuk melakukannya. Saat ini, Perkumpulan Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) ikut menggalakkan upaya konservasi dengan memberikan Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Angkatan I kepada mahasiswa. Untuk menambah kapasitas intelektual para mahasiswa, STFJ menghadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Pemateri tersebut memaparkan tentang  jurnalistik dasar, konservasi hingga materi yang fokus pada satwa langka dilindungi, seperti orangutan, gajah hingga harimau sumatera. Sebelum hari pelaksanaan, para peserta pelatihan sudah mengikuti seleksi dari STFJ. Peserta mengirimkan karya artikel, foto dan video yang berkaitan dengan konservasi kepada panitia. Mahasiswa yang terpilih mengikuti pelatihan jurnalistik lingkungan tersebut berdasarkan hasil penilaian beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh panitia, sehingga ada 30 mahasiswa yang layak untuk ikutserta pelatihan. Dari 30 mahasiswa yang terpilih merupakan mahasiswa FMIPA USU Prodi Biologi yaitu Mahdiyyah Ardhina dan Febriansyah Abdillah. Sementarara, peserta lainnya yang berasal dari  USU yaitu Widiya Astuti (FIB/Sejarah), Gilang Ramadhan (FT/Teknik Mesin), Ibnu Agung Perdana Harahap (FHUT/Kehutanan), Siti Annisa Pakpahan (FIB/Sastra Batak), dan Putri Ayu (FIB/Sastra Arab).

foto3

Pelatihan jurnalistik lingkungan Angkatan I dilakukan di Explore Sumatera Camp, Jalan Perkebunan Desa Durian Lingga, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara selama sepekan mulai 22-28 Agustus 2021. Acara digelar dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sebelum memulai kegiatan, semua peserta harus mengikuti tes swab antigen Covid-19. Pelatihan ini membentuk Independent Nature Journalist Indonesia (INJI) Warrior Camp yang menjadi wadah para mahasiswa mengorientasikan diri menjadi jurnalis andal yang fokus dengan isu konservasi dan lingkungan, karena pentingnya pengawalan dari media agar publik mendapat informasi yang sesuai dengan fakta di lapangan. INJI Warrior Camp terlaksana berkat kerjasama lintas lembaga, yaitu dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Tropical Forest Conservation Act (TFCA), Leuser Conservation Partnership (LCP), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Orangutan Information Centre (OIC), Forum Konservasi Leuser (FKL), Yayasan Petai, Veterinary Society for Sumatran Wildlife Conservation (Vesswic), Wildlife Conservation Society (WCS), Conservation Respon Unit (CRU) Aceh, dan Explore Sumatera.

Salam Lestari – Green Campus USU.

TIM HUMAS FMIPA

ARTIKEL

Free Joomla! template by Age Themes