Raih Prestasi Melalui Program Beasiswa PMDSU

PMDSU3

FMIPA USU - Medan

Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) telah diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Sumber Daya sejak tahun 2013 yang merupakan batch I saat itu. Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu  perguruan tinggi yang ikut menyelenggarakan Program PMDSU sejak pada batch II sampai batch VI saat ini. Program ini memberikan kesempatan kepada USU untuk mengeksplorasi dan merealisasi peluang untuk mendidik sarjana unggul.

PMDSU PMDSU2

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam USU telah meluluskan beberapa mahasiswa dengan gelar Magister dan Doktor melalui Beasiswa PMDSU, salah satunya dari Pascasarjana Biologi, Anisa Lutfia dibawah bimbingan dosen yang handal yaitu  Prof. Dr. Erman Munir sebagai Promotor, MSc, Dr. Yurnaliza, M.Si sebagai Co-Promotor I, dan Prof. M. Basyuni, PhD sebagai Co-Promotor II. Kelulusan mahasiswa pascasarjana ini merupakan capaian FMIPA dalam peningkatan prestasi mahasiswa.

PMDSU4

Penelitian Anisa Lutfia tentang " Eksplorasi Jamur Endofit Asal Zingiberaceae Sumatera Utara Sebagai Penghasil Senyawa Bioaktif" membawanya menjadi seorang Doktor muda di usia 25 th, dengan total publikasi sebanyak 16 artikel ilmiah bereputasi dan 1 paten sederhana. Selain itu, Anisa menerima penghargaan Best Paper Pada International Conference On Science and Environment 2019 (URICSE 2019) tahun 2019. Selanjutnya, Dia juga menerima Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) di University Of The Ryukyus, Okinawa, Jepang selama 6 bulan Tahun 2019–2020.  Berikut ini video selayang pandang perjalanan Anisa Lutfia ketika menempuh program PMDSU.

 video1

TIM HUMAS FMIPA

ARTIKEL

Free Joomla! template by Age Themes