VAKSINASI COVID-19 USU “LINDUNGI CALON SAINTIS FMIPA”

IMG 4555

FMIPA USU - Medan

Vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal menghadang penyakit ketika menyerang tubuh. Apabila suatu saat orang tersebut terpajan dengan penyakit, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Jadi, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 ini juga bisa mencegah penyebaran virus corona ke orang lain. Kemudian diharapkan dapat memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah serta dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan virus tersebut.

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mendukung program Universitas Sumatera Utara dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (PTM), baik mahasiswa, dosen, tendik maupun ruang kuliah walaupun masa pandemi belum berakhir. Hal ini sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), sehingga perkuliahan tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan/atau pembelajaran daring. Dalam penyelenggaraan pembelajaran, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya. Oleh sebab itu, salah satu persiapan PTM yang sedang dilaksanakan USU dan didukung oleh semua fakultas di lingkungan USU termasuk FMIPA yaitu melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada mahasiswa USU dengan  menargetkan sebanyak 2200 dosis vaksin perhari. Program vaksinasi ini dilaksanakan dari tanggal 27 September hingga 7 Oktober 2021 di Gedung Pancasila, USU Medan.

 

Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S.Sos, MSi menyebutkan proses vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan merupakan persiapan universitas untuk melakukan perkuliahan tatap muka yang rencananya paling cepat dilaksanakan pada semester depan. Selain itu, Mury juga menambahkan pertemuan tatap muka dilakukan jika vaksinasi sudah mencapai 70 persen jumlah mahasiswa USU yang telah divaksin. Selain vaksinasi Covid-19, USU juga menyelenggarakan swab PCR untuk mahasiswa, dosen dan tendik yang merupakan bagian dari persiapan PTM nanti. Menurut ketua panitia sentra vaksinasi USU dr. Inke Nadia D. Lubis, M.Ked(Ped), SpA, PhD bahwa vaksinasi Covid-19 dan swab PCR ini juga dibuka untuk masyarakat umum karena tingginya antusias masyarakat.

IMG 4564 IMG 4565

Pada kesempatan ini Dekan FMIPA, Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc juga ikut melaksanakan swab PCR di Gedung Pancasila, Medan. “PCR ini merupakan hal penting untuk memastikan kondisi terkini tubuh dalam keadaan sehat bebas dari Covid-19, sehingga dapat mempersiapkan diri untuk perkuliahan tatap muka” tuturnya. Swab PCR dilakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan tubuh seseorang. Bila hasilnya positif Covid-19, maka bisa segera mengambil langkah-langkah untuk melindungi orang-orang di sekitar. Namun, bila hasilnya negatif, mahasiswa, dosen dan tendik di lingkungan kampus FMIPA harus tetap waspada dan disiplin dengan protokol kesehatan. Di sinilah pentingnya melakukan swab PCR. Karena sampai saat ini, swab PCR merupakan pemeriksaan diagnostik yang dianggap paling akurat untuk memastikan apakah seseorang menderita Covid-19 atau tidak. Oleh sebab itu, untuk melindungi generasi cerdas USU, khususnya calon-calon saintis FMIPA, maka vaksinasi dan swab PCR merupakan salah satu langkah persiapan yang matang menuju perkuliahan tatap muka. SALAM SEHAT

TIM HUMAS FMIPA

 

 

ASA “Aplikasi Satu Atap” Pelayanan Administrasi yang Efektif dan Efisien

ASA1

FMIPA USU - Medan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara ikut mengembangkan bidang pelayanan administrasi melalui website. Pelayanan administrasi bernama aplikasi website ASA (Aplikasi Satu Atap) memanfaatkan teknologi informasi dengan sistem online dalam melakukan pelayanan surat menyurat yang menggunakan fasilitas dari USU. Pelayanan ini merupakan aplikasi website untuk mempermudah mahasiswa dalam pengurusan administrasi tanpa harus tatap muka secara langsung dengan tata usaha, cukup dengan memenuhi berkas yang disyaratkan saja.  Mahasiswa bisa mengakses website pelayanan administrasi pada link http://asa.usu.ac.id/ secara 24 jam dan bisa dilakukan dimana saja tanpa harus ke kampus untuk melakukan surat menyurat dan tanpa dipungut biaya. Oleh sebab itu, dengan menggunakan aplikasi ASA di FMIPA USU, maka diharapkan pengelolaan persuratan di fakultas dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Aplikasi website ASA memiliki berbagai jenis surat yaitu surat permohonan berupa akademik dan kemahasiswaan. Jadi, total keseluruhan berisi 24 jenis surat menyurat yang bisa di akses didalam aplikasi website ASA. Jenis surat menyurat tersebut terdiri dari:

1.Surat Permohonan Bukti Penyerahan Skripsi/Tugas Akhir

2.Surat Keterangan Nilai

3.Surat Permohonan Berhak Mengikuti Ujian Skripsi/Tugas Akhir

4.Surat Permohonan Magang/Internship

5.Surat Permohonan Pengambilan Ijazah/Transkrip Akademik

6.Surat Permohonan Izin Penelitian

7.Surat Permohonan Izin Pra Penelitian

8.Surat Permohonan Pengajuan Judul Skripsi/Tugas Akhir

9.Surat Permohonan Keterangan Alumni

10.Surat Permohonan Penerbitan Karya Ilmiah/Jurnal Mahasiswa

11.Surat Permohonan Undangan Ujian Skripsi/Tugas Akhir

12.Surat Permohonan Undangan Seminar Proposal/Hasil Penelitian

13.Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

14.Surat Permohonan Pernyataan Aktif Kuliah untuk Biaya Tanggungan Orang Tua

15.Surat Izin Tidak Mengikuti Perkuliahan

16.Surat Permohonan Kehilangan

17.Surat Permohonan Akreditasi Program Studi

18.Surat Permohonan Pembimbing Skripsi/Tugas Akhir

19.Surat Permohonan Penundaan Kegiatan Akademik (PKA)

20.Surat Permohonan Keterlambatan Pembayaran SPP

21.Surat Permohonan Mengundurkan Diri

22.Surat Permohonan Aktif Kuliah Kembali (AKK)

23.Surat Permohonan Praktikum/Praktek Kerja Lapangan

24.Surat permohonan Keterangan Aktif Kuliah Mahasiswa

TIM HUMAS FMIPA

Dua Orang Mahasiswa FMIPA Lulus Seleksi Pelatihan Jurnalistik Lingkungan

foto1

FMIPA USU - Medan

Masalah lingkungan telah menjadi agenda bersama secara global yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat untuk dapat ditangani dengan baik, termasuk didalamnya keterlibatan civitas akademika. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran inovatif yang merespon dinamika tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik. Oleh sebab itu, keikutsertaan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) khususnya mahasiswa FMIPA dalam kegiatan pelatihan jurnalistik lingkungan mahasiswa Sumatera dan Aceh merupakan salah satu tindakan untuk berkontribusi nyata secara berkesinambungan dalam mencapai indikator program Kampus Hijau (Green Campus) USU melalui upaya Socio Engineering.

Socio Engineering merupakan upaya yang mengutamakan adanya perubahan attitude dan mindset seluruh elemen civitas akademika Perguruan Tinggi terhadap lingkungan. Kegiatan pelatihan jurnalistik lingkungan ini juga mendukung konsep tersebut dengan terciptanya sikap dan pola pikir mahasiswa yang pro terhadap lingkungan yang akhirnya akan berpengaruh besar terhadap terciptanya kepedulian dan budaya lingkungan di Sumatera Utara maupun di Indonesia, bahkan dimanapun nantinya setelah manjadi alumni USU melalui perannya memperkaya literasi masyarakat luas terhadap kesadaran lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.

foto2

Konservasi lingkungan menjadi hal yang sangat penting dilakukan diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia sehingga membutuh keterlibatan banyak pihak untuk melakukannya. Saat ini, Perkumpulan Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) ikut menggalakkan upaya konservasi dengan memberikan Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Angkatan I kepada mahasiswa. Untuk menambah kapasitas intelektual para mahasiswa, STFJ menghadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Pemateri tersebut memaparkan tentang  jurnalistik dasar, konservasi hingga materi yang fokus pada satwa langka dilindungi, seperti orangutan, gajah hingga harimau sumatera. Sebelum hari pelaksanaan, para peserta pelatihan sudah mengikuti seleksi dari STFJ. Peserta mengirimkan karya artikel, foto dan video yang berkaitan dengan konservasi kepada panitia. Mahasiswa yang terpilih mengikuti pelatihan jurnalistik lingkungan tersebut berdasarkan hasil penilaian beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh panitia, sehingga ada 30 mahasiswa yang layak untuk ikutserta pelatihan. Dari 30 mahasiswa yang terpilih merupakan mahasiswa FMIPA USU Prodi Biologi yaitu Mahdiyyah Ardhina dan Febriansyah Abdillah. Sementarara, peserta lainnya yang berasal dari  USU yaitu Widiya Astuti (FIB/Sejarah), Gilang Ramadhan (FT/Teknik Mesin), Ibnu Agung Perdana Harahap (FHUT/Kehutanan), Siti Annisa Pakpahan (FIB/Sastra Batak), dan Putri Ayu (FIB/Sastra Arab).

foto3

Pelatihan jurnalistik lingkungan Angkatan I dilakukan di Explore Sumatera Camp, Jalan Perkebunan Desa Durian Lingga, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara selama sepekan mulai 22-28 Agustus 2021. Acara digelar dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sebelum memulai kegiatan, semua peserta harus mengikuti tes swab antigen Covid-19. Pelatihan ini membentuk Independent Nature Journalist Indonesia (INJI) Warrior Camp yang menjadi wadah para mahasiswa mengorientasikan diri menjadi jurnalis andal yang fokus dengan isu konservasi dan lingkungan, karena pentingnya pengawalan dari media agar publik mendapat informasi yang sesuai dengan fakta di lapangan. INJI Warrior Camp terlaksana berkat kerjasama lintas lembaga, yaitu dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Tropical Forest Conservation Act (TFCA), Leuser Conservation Partnership (LCP), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Orangutan Information Centre (OIC), Forum Konservasi Leuser (FKL), Yayasan Petai, Veterinary Society for Sumatran Wildlife Conservation (Vesswic), Wildlife Conservation Society (WCS), Conservation Respon Unit (CRU) Aceh, dan Explore Sumatera.

Salam Lestari – Green Campus USU.

TIM HUMAS FMIPA

PEMBEKALAN KULIAH KE LUAR NEGERI UNTUK DOSEN MUDA

Pelatihan Dosen Muda Berita

FMIPA USU - Medan

Dosen dan tenaga kependidikan (tendik) merupakan sumber daya manusia yang merupakan salah satu indikator dalam penilaian kinerja perguruan tinggi. Kuantitas sumber daya manusia berbanding lurus dengan kompetensi yang dimilikinya, sehingga capaian kinerja dapat terselenggara dan sesuai dengan indikator capaian perguruan tinggi. Untuk hal tersebut, maka FMIPA USU sudah melakukan kegiatan pembekalan kuliah keluar negeri untuk dosen-dosen muda. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, mulai tanggal 2 Agustus sampai 30 Agustus 2021.
Pembukaan kegiatan pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dekan FMIPA USU, ibu Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc, Wakil Dekaan II, Ibu Dr. Susilawati, M.Si, Ketua Panitia, ibu Siti Utari Rahayu, M.Sc, Kasubag Keuangan dan SDM, bapak Syahrizul Siahaan, Amd, para Narasumber serta dosen-dosen muda dilingkungan FMIPA. Dalam sambutannya Dekan mengatakan “Sesuai dengan kontrak kinerja FMIPA 2021 kepada Rektor USU, ada dua indikator yang perlu dicapai, yaitu Persentase dosen berkualifikasi doktor dan Indeks kepuasan pelayanan, jadi dengan kegiatan pembekalan ini merupakan salah satu cara untuk mencapai target pada indikator tersebut”. Selanjutnya Wakil Dekan II menambahkan “Pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen muda ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik secara tulisan maupun berkomunikasi, sehingga dosen tersebut siap terjun kedunia perkuliahan di luar negeri”.
Pembekalan kuliah ke luar negeri untuk dosen muda FMIPA USU dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan kemampuan bahasa inggris pada 14 dosen muda yang mengikuti program ini. “Kami memutuskan untuk melakukan pembekalan pelatihan IELTS karena beasiswa dan universitas saat ini banyak yang meminta skor untuk ujian tersebut dibanding dengan ujian TOEFL, oleh karenanya narasumber yang kami undangpun merupakan narasumber yang sudah memiliki pengalaman mengajar IELTS yang juga dulunya merupakan pengajar dari Pusat Bahasa USU atau Lembaga Bahasa Inggris lainnya,” kata Siti Utari Rahayu, M.Sc. selaku Ketua Panitia kegiatan ini. Narasumber yang diundang dalam kegiatan pembekalan ini yaitu Elnoviamy, MA (Alumni UCL London), Risky Ananda Lubis, MA (Alumni University of Birmingham, UK) dan Mahyuni Harahap (Alumni University of Birmingham, UK). Pembekalan ini mengharuskan semua peserta untuk mengikuti Pretest terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sebanyak 16 kali pertemuan (4 kali untuk Listening ILETS, 4 kali untuk Reading IELTS, 4 kali untuk Speaking IELTS, dan 4 kali Writing IELTS) dan diakhiri dengan Post-Test (yang diadakan dengan bekerja sama dengan narasumber yang bersertifikasi, Elnoviamy, MA).
Setelah 16 kali pertemuan, dosen-dosen muda yang mengikuti kegiatan tersebut merasakan manfaat pembekalan yang diadakan oleh FMIPA USU. Menurut Tulus Joseph Herianto, Dosen Matematika mengatakan bahwa program ini sangat baik dilakukan dalam mempersiapkan bahasa Inggris. Semoga dapat diadakan setiap bulan. Bukan untuk persiapan sekolah saja, tapi mungkin bisa sebagai persiapan FMIPA dengan mengedepankan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selanjutnya, Suci Aisyah Amaturrahim, Dosen Kimia juga memberikan apresiasinya karena merasa sangat beruntung dan berterima kasih kepada FMIPA yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Banyak ilmu baru yang dapatkan dan berharap FMIPA dapat menyelenggarakan pelatihan berikutnya, sehingga dapat meningkatkan softskill para dosen muda. Selain itu dia menyarankan untuk jadwal pelatihan sebaiknya dilaksanakan 3 kali seminggu, agar peserta memiliki waktu lebih banyak untuk mengulang pelajaran yang sebelumnya disampaikan. Sejalan dengan itu, M. Romi Syahputra, Dosen Matematika mengucapkan trima kasih kepada ibu Dekan khusus kepada ibu Wakil Dekan II dan Tim yang telah memfasilitasi para dosen muda untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris melalui pelatihan IELTS ini. Semoga program seperti ini terus berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya. Selanjutnya, Muthia Ferliani Balqis, Dosen Matematika juga mengucapkan terima kasih atas program pelatihan yang telah diberikan, karena proses belajar pelatihan IELTS sangat enjoy dalam menerima setiap materi yang diberikan. Pengajar-pengajar yang memberikan materi juga sangat interaktif dan membuat materi mudah untuk dimengerti. Terakhir, Indah Revita Saragi, Dosen Kimia sangat antusias bahwa pelatihan ini sangat membantu sekali untuk persiapan dalam menghadapi official test terkhususnya IELTS. Selain itu, panitianya telah mempersiapkan dengan baik dan keren sekali. Pengajarnya juga dapat mentransfer ilmu dengan baik dan menyenangkan ketika proses pelatihan.
TIM HUMAS FMIPA

Raih Prestasi Melalui Program Beasiswa PMDSU

PMDSU3

FMIPA USU - Medan

Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) telah diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Sumber Daya sejak tahun 2013 yang merupakan batch I saat itu. Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu  perguruan tinggi yang ikut menyelenggarakan Program PMDSU sejak pada batch II sampai batch VI saat ini. Program ini memberikan kesempatan kepada USU untuk mengeksplorasi dan merealisasi peluang untuk mendidik sarjana unggul.

PMDSU PMDSU2

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam USU telah meluluskan beberapa mahasiswa dengan gelar Magister dan Doktor melalui Beasiswa PMDSU, salah satunya dari Pascasarjana Biologi, Anisa Lutfia dibawah bimbingan dosen yang handal yaitu  Prof. Dr. Erman Munir sebagai Promotor, MSc, Dr. Yurnaliza, M.Si sebagai Co-Promotor I, dan Prof. M. Basyuni, PhD sebagai Co-Promotor II. Kelulusan mahasiswa pascasarjana ini merupakan capaian FMIPA dalam peningkatan prestasi mahasiswa.

PMDSU4

Penelitian Anisa Lutfia tentang " Eksplorasi Jamur Endofit Asal Zingiberaceae Sumatera Utara Sebagai Penghasil Senyawa Bioaktif" membawanya menjadi seorang Doktor muda di usia 25 th, dengan total publikasi sebanyak 16 artikel ilmiah bereputasi dan 1 paten sederhana. Selain itu, Anisa menerima penghargaan Best Paper Pada International Conference On Science and Environment 2019 (URICSE 2019) tahun 2019. Selanjutnya, Dia juga menerima Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) di University Of The Ryukyus, Okinawa, Jepang selama 6 bulan Tahun 2019–2020.  Berikut ini video selayang pandang perjalanan Anisa Lutfia ketika menempuh program PMDSU.

 video1

TIM HUMAS FMIPA

Subcategories

Page 1 of 14

ARTIKEL

Free Joomla! template by Age Themes