Webinar Kampus Merdeka ala FMIPA "Restrukturisasi Kurikulum, Kerjasama, dan Anggaran"

FMIPA USU - Medan

Kampus Merdeka, merupakan konsep baru merdeka belajar di Perguruan Tinggi yang dirilis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dalam konsep Kampus Merdekanya, Beliau bahkan memberikan keluasaan bagi mahasiswa dengan jatah dua semester untuk kegiatan di luar kelas. Oleh karena itu FMIPA USU sebagai salah satu unit kerja dari Universitas Sumatera Utara merasa bahwa sangat perlu untuk menerapkan konsep ini yang sesuai dengan nilai ke-mipa-an pada FMIPA itu sendiri.

Pada hari Jumat, 14 Agustus 2020, Dekanat FMIPA USU menghadirkan 2 orang narasumber yang sudah sangat berpengalaman dalam konsep Merdeka Belajar, Kampus Merdeka FMIPA. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.

 absen

"Kami sangat berharap tentu pada pertemuan yang sangat penting ini, mampu memacu kita, mampu menyemangati kita dalam merumuskan program-program yang nanti akan kita implementasikan bersama" ucap Wakil Dekan III FMIPA USU, Saharman Gea, Ph.D dalam laporan terkait kegiatan tersebut. "Tentu kehadiran kedua narasumber kita pada pagi hari ini akan memberi pemahaman konsep dan pengayaan dalam program kerja kita ke depan" kata Dekan FMIPA USU, Prof. Dr. Kerista Sebayang, MS pada pembukaan acara tersebut.

presentasi edi

Narasumber pertama adalah Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, yang merupakan Guru Besar sekaligus Dekan FMIPA ITB. Beliau memaparkan tentang bagaimana Strategi dan Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di FMIPA ITB. "Ini merupakan satu kesempatan yang sangat baik untuk FMIPA ke depannya, dan kita harus bekerja extra untuk mewujudkan program ini" ujar beliau pada pembukaan presentasi. 

Presentasi sri nurdiati

Lalu kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan dari narasumber kedua yaitu Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc selaku Dekan FMIPA IPB dengan topik "Kampus Merdeka : Restrukturisasi Kurikulum, Kerjasama, dan Anggaran". Beliau banyak memberikan masukan tentang bagaimana strategi FMIPA IPB dalam mengimplementasikan program Kampus Merdeka pada institusi yang dipimpinnya. Pada sesi tanya jawab banyak peserta yang antusias bertanya, Dr. Muhammad Taufik, M.Si ditunjuk sebagai moderator pada kesempatan kali ini.

Penutupan

ARTIKEL

Main Menu

Free Joomla! template by Age Themes