SEJARAH FMIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 25 Agustus 1965. Fakultas ini pada mulanya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, Universitas Sumatera Utara (FIPIA USU). Usaha pendirian FIPIA USU sudah dirintis sejak tahun 1959 melalui proses yang panjang dan berliku-liku dalam berbagai Rapat/sidang di Fakultas Teknik USU dan juga Rapat/Sidang pimpinan USU yang ketika itu disebut Rapat "Presiden dan Asesor". Usaha untuk mendirikan FIPIA USU dilakukan oleh Bapak Prof. A.T. Barus yang menjadi staf pengajar di Fakultas Teknik USU.

Pada awal tahun 1965, keadaan USU sudah stabil dan saat itu Rektor USU dijabat oleh drg. Nazir Alwi, persiapan untuk mendirikan FIPIA USU dirasa sudah cukup matang dan disepakati untuk membuka FIPIA USU dengan tiga jurusan sekaligus, yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. Selanjutnya, rencana ini, diteruskan oleh Rektor USU drg. Nazir Alwi ke Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) yang saat itu dijabat oleh Brigjen dr. Syarief Thajeb untuk mendapatkan persetujuan. Akhirnya ditetapkanlah pendirian FIPIA USU pada tanggal 25 Agustus 1965 dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No.190/1965 tertanggal September 1965.

Dengan berdirinya FIPIA USU, maka untuk tahun ajaran 1965/1966 dimulailah penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jurusan, yaitu Jurusan Matematika (Ketua Jurusan drs. P.Siagian), Jurusan Fisika (Ketua Jurusan A.T. Barus, M.Sc), dan Jurusan Kimia (Ketua Jurusan drs. R.A. Soekemi, Apt.). Seluruh kegiatan termasuk proses belajar-mengajar dilakukan dengan menumpang di Gedung Fakultas Teknik USU yang berada di Jl.Sun Yat Sen No.52.

Pada tahun I969 FIPIA USU membuka Jurusan baru yaitu Jurusan Farmasi yang merupakan Jurusan keempat.

Beberapa tahun kemudian FIPIA berubah nama menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan proses belajar mengajar kembali ke kampus Padang Bulan USU. Dalam perkembangannya, FMIPA USU juga membuka Program Diploma III seperti Analis Farmasi, Kimia Industri, Ilmu Komputer, Statistik dan Fisika Instrumen. Pada tahun 2002-2003 Program Studi llmu Komputer secara resmi dibuka.